Harus Dan Tidak Boleh Anda Makan Sebelum Tidur

 


Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa apa yang Anda makan sebelum tidur dapat secara signifikan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Berikut panduan tentang apa yang harus dan tidak boleh Anda makan sebelum tidur:

1. Hindari Gula, Karbohidrat Olahan dan Lemak Jenuh

Mengkonsumsi makanan tinggi gula, karbohidrat olahan (seperti roti putih dan pasta), dan lemak jenuh (seperti makanan yang digoreng) sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Jenis makanan ini dapat merangsang tubuh secara berlebihan, meningkatkan kadar gula darah, dan mengganggu penurunan suhu alami yang dibutuhkan untuk tidur. Yang terbaik adalah menghindari makanan penutup manis, camilan berminyak, dan makanan berat mendekati waktu tidur.

2. Pilih Pilihan Kaya Protein dan Kaya Serat

Alih-alih meraih makanan berat karbohidrat, pilihlah pilihan yang lebih sehat yang mempromosikan tidur yang lebih baik. Makanan seperti telur rebus atau kari kaya protein dengan sayuran dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan memberikan energi berkelanjutan sepanjang malam. Termasuk sayuran kaya serat dalam makanan Anda juga dapat membantu pencernaan dan mencegah ketidaknyamanan saat tidur.

3. Hindari biskuit dan camilan berkalori kosong

Mengemil biskuit atau camilan berkalori kosong lainnya sebelum tidur tidak dianjurkan. Makanan ini menawarkan sedikit nilai gizi dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga lebih sulit untuk tertidur dan mempertahankan tidur nyenyak sepanjang malam. Lebih baik memilih camilan sehat dan padat nutrisi jika Anda merasa perlu makan sebelum tidur.

4. Pertimbangkan Minuman Susu Panas

Minuman susu hangat sebelum tidur telah lama disebut-sebut karena sifatnya yang merangsang tidur. Pilih pilihan seperti susu almond, yang diketahui mengandung senyawa pengatur tidur seperti triptofan dan magnesium. Susu hangat dapat meningkatkan relaksasi dan membantu Anda bersantai sebelum tidur.


Ingat, kebutuhan dan toleransi diet setiap orang berbeda, jadi penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan membuat pilihan yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda memiliki batasan atau masalah diet tertentu, selalu ada baiknya untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli diet terdaftar untuk memastikan Anda membuat pilihan yang tepat untuk tidur malam yang nyenyak.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming