Webtoon Korea yang Ditata Ulang di Asia Tenggara



Webtoon dan novel web dari Korea Selatan berkembang ke pasar Asia Tenggara, didorong oleh popularitas budaya dan konten Korea. Bergerak lebih dari sekadar menerjemahkan dan menawarkan webtoon Korea yang sukses, penulis lokal dan perusahaan produksi mengadaptasi cerita-cerita ini untuk beresonansi lebih baik dengan pemirsa regional.

Novel web "Marriage Over Love" dari Naver Series baru-baru ini ditata ulang sebagai webtoon "Our Secret Marriage" di Naver Webtoon versi Indonesia pada bulan Februari. "Our Secret Marriage" adalah webtoon paling populer ketujuh secara keseluruhan dan menempati urutan teratas dalam kategori romansa. Ini adalah pertama kalinya novel web Korea diadaptasi menjadi webtoon oleh penulis internasional dan diperkenalkan kepada pembaca lokal sebelum dirilis di Korea.

Strategi lokalisasi Naver Webtoon juga telah menuai hasil yang signifikan dengan memperkenalkan berbagai konten yang dibuat dan diadaptasi secara lokal. Webtoon "Pasutri Gaje" karya penulis Indonesia Annisa Nisfihani sukses diangkat menjadi film yang rilis di bioskop lokal Februari lalu. Upaya Naver Webtoon untuk membangun ekosistem konten lokal melalui Canvas, sebuah platform untuk pembuat konten amatir, mulai menunjukkan hasil nyata. "Ekosistem memiliki potensi untuk tumbuh melalui lingkaran umpan balik positif di mana konten yang sukses secara lokal diekspor ke negara lain," kata orang dalam industri.

Jumlah webtoon yang diterbitkan di platform Korea yang diadaptasi menjadi serial drama TV di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Taiwan juga terus bertambah. Webtoon Thailand asli Naver "Summer Night" akan diproduksi sebagai drama lokal dan ditayangkan dalam tahun ini. Drama Thailand "Beauty Newbie", berdasarkan webtoon Naver "My ID is Gangnam Beauty", menduduki peringkat nomor satu di layanan video online Asia Tenggara (OTT) Viu selama empat minggu berturut-turut hingga episode terakhir ditayangkan bulan lalu.

Kakao Webtoon "Nth Love" juga akan dibuat menjadi serial drama di Taiwan, dengan rencana untuk tayang tahun depan. Kakao telah melihat kesuksesan dengan webtoon seperti "Itaewon Class", "The Ideal Relationship", dan "A Business Proposal" yang diubah menjadi drama di Taiwan, Thailand, dan Hong Kong.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Nepali Graphics - Learn design, Animation, and Progrmming